sintang, unka, kalbar
UNKA SINTANG
0656 2020034

Peningkatan Kapasitas Diri Mahasiswa Kehutanan dan Pendidikan Biologi di Bidang Sains di Universitas Kapuas Sintang

Sintang, 19 Oktober 2024 – Mahasiswa Program Studi Kehutanan dan Pendidikan Biologi Universitas Kapuas Sintang (UNKA Sintang) mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas diri di bidang sains, yang menghadirkan narasumber utama Bapak M. Syukur, S.Hut., M.Hut., seorang Dosen Prodi kehutanan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam terkait peran dan pengelolaan hutan, serta pentingnya ilmu sains dalam pelestarian lingkungan.

Dalam presentasinya, Bapak M. Syukur, S.Hut., M.Hut., menjelaskan berbagai topik penting mengenai konsep kelestarian hutan, manajemen hutan berkelanjutan, dan tantangan konservasi di era modern. Beliau juga menekankan betapa pentingnya peran mahasiswa sebagai generasi muda dalam menjaga keberlanjutan hutan sebagai paru-paru dunia.

“Hutan bukan hanya penyedia sumber daya alam, tetapi juga ekosistem yang kompleks yang mendukung kehidupan berbagai spesies, termasuk manusia. Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, manajemen hutan yang baik harus diterapkan, dan di sinilah peran para akademisi dan praktisi kehutanan sangat dibutuhkan,” ujar M. Syukur.

Mahasiswa Kehutanan Universitas Kapuas Sintang mendapat wawasan baru mengenai teknik pemantauan hutan menggunakan teknologi modern. Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai regulasi terkait pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, serta tantangan hukum dalam menjaga kelestarian hutan dari aktivitas ilegal seperti pembalakan liar dan perambahan.

Sementara itu, mahasiswa Pendidikan Biologi juga turut serta dalam kegiatan ini dan mendapatkan pengetahuan yang relevan terkait ekologi hutan dan keanekaragaman hayati. Mereka belajar bagaimana peran ekosistem hutan mendukung keberagaman spesies flora dan fauna, yang penting dalam pembelajaran sains di sekolah.

salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membuka wawasan terkait keterkaitan erat antara pendidikan biologi dengan upaya konservasi lingkungan. “Sebagai calon pendidik, kami jadi lebih memahami bagaimana menyampaikan pentingnya pelestarian hutan kepada generasi muda dengan cara yang menarik dan edukatif,” katanya.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi interaktif antara mahasiswa dan narasumber, di mana mahasiswa diajak untuk berdiskusi mengenai peran mereka dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada pelestarian alam. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk terus mengembangkan diri dan berkontribusi aktif dalam menjaga lingkungan melalui ilmu pengetahuan yang mereka pelajari.

Universitas Kapuas Sintang terus berkomitmen untuk memberikan bekal ilmiah dan keterampilan praktis kepada mahasiswanya, sehingga mereka dapat berperan penting dalam menghadapi berbagai tantangan global di masa depan, terutama dalam bidang sains dan lingkungan hidup.